Santai Sejenak

funny_pictures_human_island4

Setelah penat dengan segala pikiran yang lalu lalang di otak. Pekerjaan yang tiada henti menuntut. Cemooh dan pujian orang yang nimbrung dalam hati. Ekonomi dalam kantong yang tidak menentu. Ditambah lagi lingkungan yang mulai dipenatkan oleh bendera-bendera pemilu. Sudah tidak ada lagi hijau ataupun biru di dalam hati yang berkecamuk. Hawa nafsu yang senantiasa selalu mengganggu. Setan yang berlarian dan selalu menyesatkan. Sehingga kita lelah dan mulai penat dengan hidup yang Allah SWT. berikan kepada semua hambanya tanpa terkecuali.

Namun, Subhanallah jika kita merenung betapa spesial hidup yang kita jalani. Setiap nafas yang dihembuskan. Setiap kata yang diucapkan. Setiap senyum yang disuguhkan. Setiap perilaku yang diterbitkan. Setiap senang dan amarah yang ditimbul tenggelamkan. Semua itu Karunia Allah SWT. tentu jika kita berpikir, Sang Pencipta tidak mengharapkan hambanya lelah namun LILLAH. Raihlah hidup ini dan jalani hidup ini dengan penuh keikhlasan. Hanya saja, inilah yang sering kita lupakan –penulis juga merasakan demikian-.Kita sering lupa betapa menakjubkannya kita di pagi hari sehingga terbangun kembali untuk menjalani kehidupan dengan nafas yang telah dihembuskan dan dengan pikiran yang telah diberikan. Betapa mengagumkannya kita di siang hari, mampu melakukan segala hal diinginkan maupun mendapatkan yang tidak disenangi. Saat malam hari, tertidur pulas dan begitu pula seterusnya, selalu mengagumkan. Hal-hal kecil seperti itu kita lupakan. Kesibukan yang mendesak menjadikan setiap manusia lalai –termasuk penulis- bahkan mengikuti setan yang menyesatkan. Salah siapa? Semua tahu jawabnya.

Apa yang perlu kita lakukan? Saatnya kita santai sejenak. Memikirkan hal-hal yang telah kita lakukan selama seharian ataupun selama seminggu terakhir. Tidak perlu hanya dirumah, perenungan diri dapat dilakukan di pantai, gunung, kebun binatang, maupun taman. Selain santai dan menenangkan pikiran, cobalah untuk memahami ayat-ayat kauniah melalui keindahan alam yang kita saksikan. Mencermati kehebatan Allah SWT. dalam menciptkan segala hal termasuk manusia. Ya, cobalah santai sejenak, dengan hal-hal lucu seperti lawakan ataupun humoran dari kawan. Hal terpenting dari proses “santai sejenak” ini adalah dapat merenungi hidup yang dijalani dan segala sesuatu yang dilakukan. Don’t Afraid, Allah SWT. with Us.

2 thoughts on “Santai Sejenak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s