Hukum Yoga

Yoga From steadyhealth.com
Yoga From steadyhealth.com

Di antara seni olahraga yang banyak dipertanyakan masyarakat adalah yoga, yaitu melakukan gerakan-gerakan tubuh dibarengi dengan konsentasi hati dan pikiran. Yoga merupakan salah satu bentuk ibadah umat Hindu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan-Tuhan mereka. Untuk itu, umat Hindu sudah mengenal yoga sejak lama sekali.

Menurut Ust.Yusuf Qardhawi, jika yoga memang benar sebagai ritual ibadah umat beragama tertentu maka seseorang Muslim tidak boleh mempraktikannya dengan niat melakukan ritual ibadah. Sebab, ritual ibadah bagi umat Islam adalah sesuatu yang tauqifi (sudah ditentukan oleh nash agama). Maksudnya, ritual ibadah di dalam Islam tidak berasal dari kreasi para pemeluknya. Siapa pun – walau sudah mencapai derajat keilmuwan dan ketakwaan tinggi – tidak boleh menciptakan bentuk ibadah sendiri, atau menambah-nambahi ibadah yang disyariatkan dengan sesuatu yang lain.


Barang siapa yang melakukan hal itu maka dianggap sebagai pelaku bid’ah yang ditolak, seperti dijelaskan di dalam hadits sahih riwayat Imam Bukhari dan Muslim : “Barangsiapa membuat-buat sesuatu yang baru di dalam perkara (agama) kami ini maka ia ditolak”.

Di dalam hadits lain, Nabi SAW. Bersabda:” Waspadalah terhadap perkara-perkara baru yang diadakan (di dalam hal agama yang tidak memiliki landasan dalil), karena setiap perkara yang diada-adakan (di dalam hal agama yang tidak memiliki landasan dalil) adalah bid’ah dan sesungguhhnya setiap bid’ah adalah kesesatan”.

Kalau bid’ah saja dilarang di dalam agama maka menjalankan suatu ritual ibadah yang diasumsikan untuk menyembah Tuhan-Tuhan selain Allah SWT. tentu Islam menutup pintunya rapat-rapat. Tapi barang siapa yang melakukan yoga dan di dalam hatinya sama sekali tidak terbersit niatan menjadikan ritual ibadah, sama sekali tidak ada niatan meniru, mencontoh, atau menyerupai orang-orang paganis tersebut maka tidak apa-apa. Namun, yang lebih selamat dan lebih baik adalah menjauhkan diri dari menyerupai mereka, terlebih setelah diketahui asal-usul yoga, yangmerupakan ritual ibadah umat Hindu. Sebab, Rasulullah SAW. Bersabda: “Tinggalkanlah sesuatu yang kamu masih ragu terhadapnya menuju sesuatu yang kamu tidak merasa ragu terhadapnya”.

Islam bersikap tegas melarang umatnya menyerupai kaum paganis, walaupun penyerupaan itu hanya dalam bentuk dan gambar.Oleh karenanya, Islam melarang shalat ketika matahari terbit dan ketika matahari terbenam, karena kaum penyembah matahari melakukan ritual penyembahan matahari pada dua waktu tersebut. Jadi, tidak mengherankan jika Islam melarang sholat pada dua waktu tersebut, untuk menutup celah yang bisa menimbulkan sesuatu yang tidka diinginkan (saddudz dzara’i’), walaupun ketika melakukannya, tidak terbersit niatan sedikit pun di dalam hati untuk menyembah matahari atau sholat dengan menghadap ke matahari.

(Disarikan dari buku “Fiqhu al-Lahwi wa at-Tarwih

-Hidup Islami Tanpa Stress-

Oleh Yusuf Qardhawi)

3 thoughts on “Hukum Yoga”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s