Ayo Makan Telur

from google.com
telur. from google.com

Emang makan telur bikin bisulan yah? Apa betul makan telur bikin kolesterol? Benar nggak sih makan telur bikin jerawatan? Waa…banyak pertanyaan bermunculan tentang telur, tapi kenapa yang disebut cuma negatifnya. Hmm…salah persepsi nih, padahal di dalam telur terkandung banyak manfaat (idealisme seorang mahasiswa peternakan..hehehe).

Dari kerabangnya saja, ada khasiatnya. Kandungan kalsium cukup banyak terkandung disini. Kekuatan dari susunan Ca itu yang membuat di dalamnya terasa aman dan terhindar dari serangan bakteri merugikan. Selain itu, kerabang telur juga jadi parameter produsen untuk memilih telur. Kerabang udah dibuka, sekarang mau tahu yang dilindungi oleh kerabang.


Nutrien Telur

Telur punya kandungan protein yang sangat tinggi, sekitar 6 gram dan paling banyak di bagian putih telur. Tingginya protein ini membuat telur direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang dalam tahap penyembuhan karena nutrien yang terkandung mampu memperbaiki jaringan yang rusak.  Hanya 1 gram total karbohidrat yang terkandung di dalam telur. Berbeda dengan kerabangnya, kandungan putih dan kuning telur memiliki kandungan kalsium yang rendah. Terdapat vitamin B6, B12, dan A. Telur merupakan sumber zat besi (Fe), Phospor (P), dan Zink (Zn). Potasium sebesar 60 mg dan sodium 65 mg. Jumlah kalori dalam sebutir telur kisaran 70 kkal.

Di dalam telur terkandung asam lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh karena tidak dapat disintesis dalam tubuh. Total asam lemak yang terkandung terdiri dari asam lemak jenuh, asam lemak tidak jenuh rantai panjang dan asam lemak tidak jenuh rantai tunggal. Kandungan kolesterol 213 mg atau jika dipersenkan sebesar 0.24-0.27% dari berat telur 60 gram.

Nah..ini dia yang bikin menarik, masalah perlemakan. Setiap orang pasti berpikir dua kali untuk masalah lemak dan sebagainya yang membuat penyakit. Tetapi, tunggu dulu, kolesterol dan asam lemak yang terkandung dalam telur punya makna khusus bahkan tubuh sangat memerlukan. Kolesterol banyak terdapat di bagian Yolk atau kuning telur. Kuning telur mengisi 1/3 bagian telur yang dapat dimakan. Kolesterol dalam kuning telur tidak menunjukkan angka signifikan pada darah dan Kuning Telur Tidak ada Hubungan dengan Penyakit Jantung. Telur aman dikonsumsi.

Kuning telur menyumbangkan asam lemak tidak jenuh yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti AA dan DHA. Sekitar 94 mg terdapat Arachidonat Acid atau AA (C 20:4) dan Dokosaheksaenoat atau DHA (C 22:6) dalam kuning telur. Selain AA dan DHA, terkandung asam linoleat, asam linolenat, dan dokosapentaenoat yang juga tidak kalah penting pengaruhnya bagi tubuh.

Sudah tahu kan AA dan DHA? AA dan DHA merupakan asam lemak tidak jenuh pada telur yang berfungsi penuh pada membran fungsional aktif yaitu di otak dan retina mata. Selain itu, AA atau ARA berperan penting untuk kesehatan kulit, rambut, libido, reproduksi dan pertumbuhan. Penting bagi anak-anak dalammasa pertumbuhan otak dan jaringan-jaringan tubuh lainnya.

Nah..apakah masih takut makan telur? Sepertinya tidak karena melihat begitu banyak kandungan nutrien telur. Jadi ayo makan telur minimal 1 butir telur setiap harinya. Sebutir telur dapat menciptakan generasi sehat dan cerdas. yogi sidik.

4 thoughts on “Ayo Makan Telur”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s