Identifikasi Tanaman Legum (Kebun HMT Fapet UGM)

Dua hari (Sabtu-Minggu, 17-18/3) mendapatkan kesempatan untuk membimbing asisten nutrisi. Praktikum Ilmu Hijauan Makanan Ternak. Tema pertama adalah Identifikasi Tanaman Legum dan Rumput. Praktikum Identifikasi tanaman legume dan rumput bertujuan untuk mengetahui karakteristik tanaman secara umum. Mengenal tanaman legume dan rumput hingga dapat dimanfaatkan oleh ternak. Pada tulisan kali ini saya akan mengulas mengenai legume. Phyllum tanaman legume adalah Spermatophyta. Memiliki 3 sub family yaitu faboideae atau biasa juga disebut papilionoideae, caesalpinioideae atau mudahnya disebut caesalpinae, dan mimosoideae atau mimoseae. Masing-masing memiliki bentuk bunga yang berbeda-beda. Kebun Hijauan Makanan Ternak memiliki koleksi tanaman legume Berikut beberapa tanaman legume yang sempat dijelaskan pada praktikum di kebun hijauan makanan ternak.

Gliricida maculata. Merupakan jenis tanaman legume yang memiliki tipe daun imparipinate. Tipe bunga yaitu Papilonaceae atau menyerupai kupu-kupu. Tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia. Beberapa penelitian menyebutkan tanaman ini merupakan sumber protein nabati yang cukup baik diberikan pada ternak. Di Indonesia tanaman yang memiliki tipe tumbuh tegak ini memiliki nama umum yaitu gamal atau gliricide. Gamal memiliki kadar tannin cukup tinggi.

Desmodium rensonii. Memiliki tipe tumbuh tegak dan berdaun trifoliate. Desmodium memiliki sifat perennial. Tumbuhan perennial merupakan tumbuhan tahunan. Untuk mengatasi tantangan, tumbuhan ini menggugurkan daunnya atau menghasilkan senyawa tertentu agar dapat meneruskan kehidupannya terutama setelah bereproduksi. Bijinya bervariasi, bewarna coklat hingga hijau. Sebagai sumber nitrogen yang cukup tinggi. Kandungan protein kasar 20-22%. Biji Desmodium mampu berkembang dengan cepat tanpa dilakukan skarifikasi (3-4 hari). Bunga desmodium bewarna ungu bertipe seperti kupu-kupu atau papilonaceae.

Tayuman. Memiliki nama ilmiah Bauhinia purpurea. Daunnya simple menyerupai kupu-kupu sehingga di Indonesia disebutnya Bunga Kupu-Kupu. Biasanya ditemukan sebagai daun yang dikeringkan dan dibuat penutup buku atau barang hiasan lainnya. Tinggi tanaman tayuman dapat mencapai 17 kaki. Tayuman termasuk dalam sub family faboideae dengan bentuk bunga papilonaceae. Menurut beberapa penelitian ekstrak daun tayuman dapat digunakan sebagai antibakteri dan antidiare. Tumbuhan yang berasal asli dari Asia Selatan ini memiliki tipe tumbuh tegak atau erect.

Codariocallix murbangensis. Nama umum di Indonesia yaitu codarrio atau sanagori. Menurut beberapa literature, codariocallix memiliki tipe daun trifoliate. Tetapi di Kebun HMT Fapet UGM diketahui tanaman memiliki daun simple atau single.

Calliandra calothyrsus. Merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Tengah dan Meksiko. Kaliandra banyak ditemukan di Indonesia. Digunakan sebagai tanaman perdu. Dapat ditanam di tanah yang berkualitas rendah dan mampu menahan erosi. Daunnya bipinate. Kira-kira terdapat 19-60 helaian daun disetiap tangkai kecilnya. Bunga kaliandra membentuk seperti tongkat mayoret dalam marching band. Seperti tandan. Diatasnya runcing dan terdapat serat-serat bewarna merah muda atau ungu. Kaliandra berbunga sepanjang tahun dengan kondisi air cukup. Pada kemarau kaliandra tidak berbunga. Biji Kaliandra perlu dilakukan skarifikasi dan perendaman dalam air dingin terlebih dahulu agar berkecambah dengan baik.

Pueraria phaseolides. Merupakan tanaman legume perennial yang merambat atau memanjat pada tiang yang tinggi. Tanaman ini memiliki tipe daun trifoliate. Pada daunnya dapat diketahui petiol, petiolul dan stipul. Dalam tanaman legume, stipul berfungsi sebagai tanda untuk identifikasi. Petiolul merupakan tangkai terusan dari petiol yang berhubungan langsung dengan leaflet atau daun utama. Terdapat beberapa daun pada tanaman yang tidak memiliki petiol atau hanya petiolul karena tangkai langsung menuju daun. Termasuk dalam subfamily faboideae atau papilonaceae.

Calopogonium mucunoides. Jenis tanaman parenial. Memiliki daun berhelai tiga atau trifoliate. Calopo merupakan tanaman merambat yang mampu melakukan penyerbukan sendiri. Kacang kalopo sebaiknya dipotong dengan interval 2 bulan. Kacang kalopo memiliki biji keras sehingga perlu dilakukan skarifikasi untuk penanaman. Bijinya yang keras juga dapat direndan dalam asam sulfat pekat selama 30 menit atau direbus air panas selama 3 menit dengan suhu 70-800C. Jika diberikan kepada ternak, sebaiknya dilayukan terlebih dahulu. Termasuk dalam subfamily faboideae dengan tipe bunga papilonaceae.

Leucaena leucochepala. Di Indonesia disebut juga lamtoro gung. Bunganya berbentuk bola bewarna putih. Termasuk dalam subfamily mimosoideae. Tumbuhnya tegak dan memiliki kandungan protein kasar yang cukup tinggi. Tipe daun bipinate paripinate.

Gmelina arborea. Tanaman kayu yang memiliki tipe daun simple dan lebar. Bunga bewarna kuning. Termasuk dalam subfamily Faboidea. Di Indonesia disebutnya jati putih. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Bijinya keras sehingga memerlukan skarifikasi untuk dilakukan penanaman. Gmelina memiliki biji yang ujunganya runcing dan salah satu ujung lainnya tumpul. Tipe tumbuhnya tegak dan produktif menghasilkan kayu. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Acacia villosa. Memiliki tipe bunga bulat dan tipe daun bipinate. Pohon akasia memiliki tannin yang cukup tinggi. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak dan mengurangi bakteri metanogenik. Bijinya pipih dan tanamannya tegak.

Flemingia macrophyla. Tanaman perennial ini memiliki tipe tumbuh erect. Daunnya trifoliate. Bakal bunganya menyerupai balon sehingga biasanya disebut tanaman pok kepokan. Bijinya perlu dilakukan perendaman dengan air hangat. Agar proses perkecambahan dapat berlangsung dengan baik.

Jayanti. Memiliki nama ilmiah Sesbania sesban. Di Jawa tanaman disebut juga Janti atau Jayant.i Family Fabaceae. Termasuk dalam sub family faboideae atau papilonaceae. Bunganya biasanya bewarna kuning dengan tipe daun bipinate. Tanaman jayanti termasuk tanaman yang tumbuh tegak. Daun tanaman jayanti dapat digunakan sebagai pakan ternak dan tanaman obat.

Desmanthus virgatus. Di Indonesia disebutnya lamtoro mini. Jenis tanaman perennial dengan tipe daun bipinate paripinate. Karena pada ujungnya memiliki jumlah daun genap. Family fabaceae, sub family mimosoideae. Memiliki daun berbentuk seperti bola.

Stylosanthes graciliaris. Tumbuhan menjalar yang termasuk dalam sub family faboideae atau papilonaceae. Daunnya biasanya bewarna kuning. Tipe daun trifoliate. Biji stylo bewarna coklat. Setelah dilakukan perkecambahan selama 9-10 minggu akan muncul bunga.

Sesbania grandiflora. Dikenal dengan nama tanaman Turi. Tipe daun bipinate dengan tipe tumbuh tegak. Termasuk dalam tanaman family fabaceae dengan sub family faboideae. Bentuk bunganya papilonaceae. Daunnya dapat dijadikan sebagai pakan ternak yang baik. Tetapi diperlukan banyak daun untuk memberikan beberapa ekor ternak.

Pueraria triloba. Tanaman family Fabaceae yang memiliki tipe tumbuh menjalar. Daunnya memiliki tiga helaian. Pada kebun HMT bunganya tidak terlihat atau belum berbunga. Dalam beberapa referensi menyebutkan tanaman ini merupakan sub family papilonaceae atau berbunga kupu-kupu.

Arachis pintoii. Jenis kacang hias yang biasa ditanaman di tanam atau pinggir jalan. Tanaman ini memiliki perpaduan warna yang menarik, kuning untuk bunga dan daun hijau yang kecil. Daunnya yang kecil dan simple membuat tampilan kacang hias menjadi menarik. Termasuk dalam subfamily faboidea atau papilonaceae.

Masih banyak lagi tanaman legume di kebun HMT yang belum teridentifikasi. Biasanya yang diperkenalkan dalam praktikum Ilmu Hijauan Makanan Ternak hanya beberapa jenis tanaman legume ditambah dengan tanaman rumput. Pada waktu menjadi praktikan. Diperlukan waktu yang lama untuk membuat laporannya. Mengumpulkan berbagai macam referensi. Belum ditambah lagi dengan adanya perbedaan jenis di tanaman dan yang tercantum pada referensi. Akhirnya, kekompakan kerja tim dan kecerdasan asisten yang membimbing sehingga laporan dapat terselesaikan dengan baik. Semoga bermanfaat. Yogi Sidik.

6 thoughts on “Identifikasi Tanaman Legum (Kebun HMT Fapet UGM)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s