Sabar Bro…

Begitu unik dan mengalir. Ketika semuanya dirasakan telah ada yang mengatur. Terasa ringan dan menyenangkan. Ketika semua akan indah pada saat yang tepat. Setiap orang memiliki cara untuk menjalani kehidupannya. Bereaksi terhadap semua yang terjadi. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalahnya dengan baik dan bertanggung jawab.

Bulan lalu, menjadi bulan yang cukup sibuk bagi saya. Perlu menangani kegiatan organisasi yang letaknya jauh dari Yogyakarta, Mataram. Memang kegiatan yang diadakan ini cukup unik dan penuh tantangan. Semua tidak sesuai dengan hasil survey di awal tahun. Banyak dilakukan perubahan.

Saat itu, langit Mataram sudah sangat gelap. Saya berkesempatan untuk menginap semalam di kost mantan ketua bem. Banyak bercerita tentang kondisi adik angkatannya. Kondisi fakultas dan universitas. Ceritanya cukup menarik. Hingga di satu waktu saya perlu berpikir ulang untuk melakukan kegiatan yang telah saya susun. Ya, saya harus merubah 1800 rencana kerja saya selama di Mataram. Saya harus turut andil seluruh kegiatan ini. Hingga berakhirnya kegiatan.

Sayang, saat kegiatan dimulai, kondisi tubuh tidak di kondisi baik. Perlu menambah asupan vitamin dan istirahat cukup. Tetapi kondisi dan teman-teman perjuangan yang membuat saya kuat untuk terus beraktifitas. Kegiatan dari awal hingga akhir berjalan hampir menghabiskan energi. Perasaan yang tidak diinginkan muncul saat kegiatan. Memag membawa kesabaran perlu ditegakkan sejak awal kegiatan hingga prose situ berakhir. Dalam kegiatan tersebut saya dapat pelajaran berharga. Setiap orang memiliki daya terima yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki watak yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kemampuan sabar yang berbeda.

Keteladan Sabar dari Rasullah Saw.

                Teladan terbaik kita, Rasullah Saw. telah banyak memberikan makna tentang kesabaran. Memberikan contoh-contoh dahsyat mengenai kesabaran. Saat ada wanita tua yang mencerca Rasullah Saw.hingga meludahinya, Rasullah tetap sabar dan penuh senyuman. Ketika Wanita tua itu terbaring sakit, Rasullah Saw.menjenguknya dengan penuh rasa cinta dan mendoakannya. Wanita tua itu sangat terharu hingga akhirnya dia menjadi seorang muslimah.

                Begitu pula saat Rasullah ditampar oleh orang Baduy. Ketika Rasullah sedang sangat lapar tiba-tiba bertemu dengan seorang Baduy untuk mendapatkan pekerjaan menimba air yang seperti dilakukan orang Baduy itu. Ketika Rasullah Saw. menimba air tiba-tiba tali terputus dan timba jatuh kedalam sumur. Orang Baduy tersebut marah, menampar wajah Rasullah dan memberikan ongkos. Rasullah Saw. menerima ongkosnya dengan tanpa marah dan segera mengambil timba yang terjatuh di dalam sumur. Hingga si Baduy tersadar dan merasa sangat bersalah hingga memotong tangannya sendiri.

                Ada lagi kesabaram Rasullah saat menghadapi Quraisy. Ketika Abu Jahl akan memberikan segala sesatu yang diinginkan oleh Rasullah. Beliau tegas menjawab “Demi Allah, wahai pamanku. Andaikata diletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, supaya saya menggagalkan perjuangan menegakkan kebenaran, saya takkan surut, sampai tercapai kemenangan atau saya hancur binasa dalam perjuangan.” Rasullah menolaknya dengan penuh rasa sabar dan kegigihan.

Sabar Itu Indah

                Seharusnya memang sabar tidak ada batasnya pren. Tauladan kita Rasullah Saw. udah kasih banyak contoh kepada umat Rasullah tentang pentingnya menjaga kesabaran. Tentu yang dialami oleh Rasullah Saw. sungguh berat, karena memang beliau diberi kesabaran yang luar biasa besar. Sampai-sampai orang yang meberikannya tekanan dibuatnya menangis dan penuh rasa bersalah.

                Memang bener pren. Sabar tidak mudah diterapkan. Apalagi dalam kondisi yang sangat tidak diinginkan. Kadang-kadang kita berharap terlalu jauh dengan keadaan yang akan terjadi. Hasilnya saat tidak sesuai dengan harapan, emosi menjadi tidak terkendali. Padahal pren kita mesti tahu, yang punya hidup ini Allah Swt. Pasti rencana Nya lebih indah dari yang kita duga. Siapa tahu kondisi yang tidak baik adalah sebuah ujian untuk menaikkan posisi kita. Bisa jadi ada sesuatu hikmah terhebat dalam setiap aksi yang diberikan. Saya percaya 100%. Banyak banget temen2 yang ngerasain proses sabar. Sekarang mereka sedang belajar di Negerinya Samsung, Asus, Fujitsu dan lain-lain..hehe –Korea, Taiwan, Jepang dan lain lain. Tidak cuma mereka. Banyak lagi yang ngasih tahu soal kesabaran. Nah, sekarang banyak belajar buat sabar. Terkadang Sabar bikin kita tertampar. Tapi ada saatnya semua itu akan terlempar. Lebih baik. Lebih Produktif.

                “Dan Mintalah Pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan mengerjakan sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (Al-Baqarah 2:45)

Sumber: Al-Qur’an. Sirah Muhammad Saw. Google.

One thought on “Sabar Bro…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s