Kerja Keras!

Semangat. Terkadang berada di atas puncak. Terkadang berada sangat bawah. Hidup kita menciptakan gelombang yang menakjubkan pren. Tapi pren, kita punya tanggung jawab untuk menjaganya agar tidak hilang. Biar nggak hilang pren, tunjukkan semangatmu kepada lingkungan luar. Agar semua orang tahu bahwa semangatmu perlu diperhatikan. Banyak yang membutuhkan semangat terbaikmu pren. Mau bukti?

Baru saja saya menonton televisi dengan tayangan cukup menarik. Undercover Boss. Bercerita tentang bos yang menyamar dan mencoba mengetahui keadaan setiap tokonya yang tersebar di seluruh dunia. Jelas tujuannya adalah menemukan sesuatu berharga untuk menjadi Bos dan Karyawan lebih baik. Saat ini giliran Bos Pengembangan Usaha salah satu penyedia roti lapis yang terkenal di seluruh dunia, Subway.

Mereka Bekerja Keras

Bos pengembangan yang telah menyamar menjadi karyawan baru mencoba belajar dan bertanya banyak informasi kepada setiap kepala cabang yang ditemui. Dikunjunginya empat kedai Subway yang tersebar di beberapa lokasi. Bos tersebut menemukan hal-hal menarik. Di awal pekerjaannya, dipertemukannya dengan kepala cabang berumur 19 tahun. Bekerja keras untuk membiayai kuliahnya. Berjuang hidup hanya bersama ayahnya yang bekerja sebagai pemasang karpet komersil. Watak bos kecil ini sangat keras. Pekerja keras penuh inovasi.

Di kesempatan berikutnya bos yang menyamar ini bertemu dengan seorang ibu. Seorang kepala cabang dengan penuh senyum dan perhatian mengajarkan karyawan baru. Sudah 19 tahun bekerja di Subway. Yang dia lakukan hanya membahagiakan pelanggan dan keluarganya. Bahkan ketiga anaknya juga bekerja di Subway. Pada kedai ketiga, bos besar bertemu seorang manajer berusia 20 tahun. Seorang manajer yang penuh inisiatif. Manajer ini hanya hidup bersama ibu yang mengadopsinya. Keinginannya hanyalah mampu menyenangkan ibu yang telah mengadopsi. Kerja keras tidak ada artinya jika Ibu tersebut tidak mengadopsinya sebagai anak.

Kesempatan terakhir mereka bertemu dengan tim pekerja yang sangat kompak. Penuh antusias bekerja sama dalam tim. Mereka menunjukkan kekuatan kerja keras bersama tim. Proses belajar bersama akhirnya membuahkan hasil menyenangkan untuk konsumen. Saat mereka menghilangkan waktu menyenangkan konsumen untuk menikmati roti lapis, mereka memberikan diskon besar kepada konsumen untuk pemesanan berikutnya. Konsep penjualan yang menarik. Pekerja yang bertindak sebagai bos toko ini melakukan pekerjaannya untuk menhidupi empat anak yang telah diadopsinya. Mereka meng-adopsi anak karena istrinya mengalami masalah reproduksi.

Seluruh karyawan tidak mengetahui bahwa yang sedang bekerja bersamanya adalah Kepala Pengembangan Pusat Subway. Sangat bertanggung jawab dalam pengembangan usaha kedai roti lapis  ini di seluruh dunia. Akhirnya mereka diperkenankan untuk mengetahui apa yang terjadi. Yupz, mereka terkejut pren. Lebih terkejut lagi karena mereka mendapatkan hadiah.

Kepala cabang yang cerewet mendapatkan beasiswa untuk sisa kuliahnya dan berlibur bersama ayah tercintanya. Kepala cabang yang telah mengabdi 19 tahun mendapatkan hadiah untuk menjadi bintang utama dalam proyek video pelayanan konsumen dan berlibur bersama anak-anaknya. Seorang manajer yang diadopsi mendapatkan $ 5000 untuk disumbangkan kepada organisasi yang dipilihnya dan $ 1000 untuk digunakan bersama ibu angkatnya. Dan kepala cabang keempat mendapatkan kesempatan menjadi seorang pembicara utama dalam pertemuan nasional Subway mengenai cara peningkatan kerja sama tim. Dia mendapatkan upah sebagai pembicara dalam acara tersebut. Sebuah hasil luar biasa dari proses kerja keras yang laik diapresiasi.

Pelajaran yang dapat kita ambil pren adalah kerja keras yang mereka lakukan. Terdapat beberapa karyawan berusia sangat muda 19 dan 20 tahun. Pengabdian yang cukup sempurna, selama 19 tahun. Dan ketulusan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Kerja keras yang mereka lakukan sangat bisa dijadikan contoh, Mereka bekerja tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk keluarga, organisasi bahkan pelanggannya. Tidak hanya sekedar gaji yang ingin mereka terima. Kepuasan pelanggan menjadi kunci utama kerja keras mereka. Ada lagi pren, menikmati kerja keras merupakan hal penuh tantangan. Menikmati kerja keras akan membawa hasil yang tidak pernah kita tahu. You Never Know.

Tertantang Melakukan Terbaik

      Saat melihat tayangan ini. Saya menjadi sangat terkesan dan termotivasi untuk melakukan lebih dari yang mereka lakukan. Tersadar berapa banyak pekerjaan yang tersia-siakan. Menyia-nyiakan tugas sama saja tidak mau tahu tentang kejutan selanjutnya. Padahal dibalik setiap pekerjaan berat memiliki makna yang mendalam. Allah Swt. punya rencana khusus kepada setiap hamba-Nya yang benar-benar bekerja keras. Allah Swt. telah berjanji bahwa yang senantiasa bekerja akan memproleh tempat terbaik.

  “Katakanlah (Muhammad), “Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui, siapa yang akan memperoleh tempat (terbaik) di akhirat (nanti). Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan beruntung.” (QS Al-An’am 6:135).

      Meningkatkan semangat bekerja memang banyak tantangan. Tapi untuk mendapatkannya saya hanya perlu melakukan modifikasi sedikit kepada dalam diri sendiri dan lingkungan disekitar. Pertama niat yang benar akan membawa kita pada usaha untuk mencapai tujuan yang direncanakan. Kedua ciptakan garis semu di jalan mencapai tujuan yang direncanakan. Nikmati perjalanannya, kita bakal nemuin pecahan gelas kecil pren bahkan kita menemukan batu besar. Lewati semuanya. Garis semu adalah kondisi sesuai keinginan kalian. Buat diri kalian berada pada titik semangat tertinggi. Saat tubuh butuh istirahat, berikan hak tubuh kita.

      Selanjutnya bersyukur adalah kegiatan utama setiap mencapai pada capaian-capaian kecil yang tercapai. Kerja keras akan membuat senyuman manis pada wajah kita pren. Nah, sekarang giliran saya untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah yang belum diselesaikan. Kalian menjadi bagian dalam semangat saya untuk mengerjakan tugas-tugas ini. Terimakasih banyak pren. Yogi Sidik.

Sumber: Al-Qur’an.

One thought on “Kerja Keras!”

  1. Assalamulaikum Yogi, saya Nadiah dari Malaysia. Terjumpa situs ini secara kebetulan (saya lagi mencari info makanan halal di chiang mai ketika itu). Alhamdulillah, tulisan Yogi penuh dengan nasihat dan pengajaran. Terima kasih. Teruskan tulisan anda yang bagus dan informatif. Semoga diberkati Allah SWT sentiasa.. Amin

    **membaca entry berkaitan bidang kursus anda dalah begitu mengujakan. I never knew all things before.. **

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s