Terimakasih PB ISMAPETI, Kalian Hebat!

ki-ka: Hendrik, Yogi, Heru, Farid, Putri, Saddam
ki-ka: Hendrik, Yogi, Heru, Farid, Putri, Saddam


Satu bulan yang lalu dilaksanakan MUNAS ISMAPETI di Bandung. Pengurus Besar ISMAPETI periode 2010-2012 demisioner. Tugas-tugas selama 2 tahun diemban, berhasil dilaksanakan sebaik-baiknya. Tidak jarang cemooh datang disaat sedang semangat bekerja. Jatuh dan butuh motivasi lebih. Pujian juga terkadang datang bertubi-tubi. Tidak banyak mengharapkan pujian. Senyuman dari orang-orang saja sudah menyenangkan untuk kami yang bekerja.

Selama pengurus besar bekerja, sangat banyak yang bertanya tentang fungsi pengurus besar. Tidak nyata, absurd, bahkan ada yang menganggap tidak berguna. Pekerjaannya memang tidak terlihat, semua bertumpu kepada ketua umumnya. Saat semua orang bertanya, benar adanya jika yang diinginkan adalah karya nyata. Ibarat sebuah orchestra, satu saja yang tidak bunyi, penonton akan mendengar yang berbeda. Tetapi itu musik, perlu kesempurnaan untuk hiburan penonton. Kerja PB ISMAPETI tidak semata memainkan irama musik tetapi mendaki pegunungan. Ada kalanya banyak tantangan saat kita mulai sampai puncak. Hebat, apabila berhasil sampai ke puncak.

Sampai ke puncak dan bendera ditancapkan. Keberhasilan yang berbaur dengan kepuasaan tiada tara. Menancapnya bendera di puncak adalah dukungan semua yang ikut pendakiaan. DIsaat yang lain menggigil kedinginan, teman yang lain menghangatkan. Saat tiba-tiba air minum habis, teman yang lain memberikan sedikit air minumnya. Keberhasilan tidak akan dikibarkan sendirian. Mantapnya kepengurusan ISMAPETI 2010-2012 juga kerja banyak pihak. Curahan gagasan dan tenaga banyak orang. Pengurus Besar ISMAPETI bekerja maksimal dalam 2 tahun terakhir ini.

Tidak berlebihan saya mengucapkan terima kasih kepada masing-masing pengurus besar. Pengurus besar yang terus mendukung dari awal terpilih hingga akhir kepengurusan. Dukungan yang diberikan tidak hanya sekedar dalam terik kerjaan. Tetapi hubungan kekeluargaan. Saya banyak belajar dari mereka. Mereka memberikan banyak masukan terbaiknya. Saya banyak tahu dari mereka. Mereka berdiskusi tentang peternakan dan peluang-peluang menarik di Indonesia. Berasal dari wilayah di seluruh nusantara, Padang, Bogor, Purwokerto, Bali dan Toli-toli.

putrKetua Bidang I. Bekerja di bidang Administrasi dan Keuangan. Seorang perempuan tangguh yang tinggal di Bali. Daerah yang mempesona dan menenangkan. Sama dengan posisinya di Pengurus Besar. Posisinya yang satu-satunya wanita, menjadikan Dwi Putri Susanti sebagai penenang diantara pria-pria tangguh. Cermat dalam menghitung dan pintar memanajemen keuangan. Hal ini yang membuat saya memilih Putri sebagai tim pengurus besar ISMAPETI. Walaupun usianya paling muda tetapi pemikirannya mampu mengimbangi teman-teman yang lebih tua. Putri masih kuliah di Universitas Udayana. Usai menjadi Pengurus Besar, Putri kembali bertugas di organisasi fakultas. Mengemban amanah untuk menjadi semakin baik. Putri

fariddKetua Bidang II. Kaderisasi. Menurut saya bidang ini sangat seksi. Banyak spekulasi dari berbagai sudut pandang. Farid Dimyati, mampu menghadapinya dengan tenang dan penuh pertimbangan. Saat ini beliau masih menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Peternakan di Universitas Jendral Soedirman. Sebuah posisi yang memerlukan kemampuan dan tanggung jawab luar biasa. Macam-macam amanah yang diemban menjadikan Farid lebih belajar mengambil keputusan di masyarakat. Walau tampak pendiam, pemikiran-pemikiran yang dimiliki farid luar biasa hebat. Banyak ide-ide segar yang diutarakan Farid di saat rapat-rapat yang PB lakukan. Semangatnya juga patut diacungi jempol. Sepertinya hobinya memang suka berkelana, kemanapun akan ditempuh oleh Farid. Saat ISMAPETI melaksanakan kegiatan Bakti Masyarakat, beliau mampu memberikan masukan baik kepada masyarakat. Cocok untuk menjadi kepala di daerahnya..haha.

hendKetua bidang III. Advokasi, Propaganda dan Aksi. Tidak menarik tanpa kehadiran Henrik dalam setiap kegiatan-kegiatan ISMAPETI. Henrik dipilih sebagai PB ISMAPETI karena sosoknya yang menyenangkan. Logatnya yang khas Toli-toli membuat Henrik tidak mudah dilupakan. Henrik juga menjabat sebagai pimpinan mahasiswa di fakultasnya. Semua orang menghargai perjuangannya yang datang jauh-jauh dari Toli-toli untuk bertemu dengan teman-teman se-Indonesia. Bidangnya menuntut Henrik untuk berpikir kritis. Hendrik mampu menjawabnya. Pemikirannya kritis dan penuh ide-ide cemerlang untuk pembangunan ISMAPETI, peternakan dan Indonesia. Hal yang paling menarik saat Henrik mengikuti program magang ISMAPETI di Malangbong. Awalnya saya kira Henrik sosok yang serius dan tidak bisa bercanda. Tetapi kegiatan selama beberapa minggu menjadikan kami semakin dekat. Henrik pandai membuat lelucon-lelucon segar.

heruuKetua Bidang IV. Keilmuan dan Keprofesian. Saya awalnya berpikir, posisi ini akan menjadi strategis. Benar, Heru Nugraha membawanya kearah yang tepat. Tentunya Heru telah belajar banyak di Institut Pertanian Bogor. Pemuda hebat dari Tasikmalaya ini memang hobi untuk melakukan diskusi dengan pemikiran-pemikiran cerdas. Kenapa hebat? Mungkin saya bisa ceritakan sedikit tentang Heru. Heru pernah mengalami sakit yang cukup berat dan lama. Mengharuskannya istirahat. Tidak demikian dengannya. Dalam sakitnya, Heru tetap semangat untuk berkoordinasi dengan saya dalam menyelesaikan kegiatan-kegiatan. Tidak peduli dengan sakitnya. Heru sempat harus pulang pergi Tasik-Bandung untuk berobat, tetapi semangatnya yang terus menyala membuat Heru menjalankan tugasnya dengan baik.

saddamKetua Bidang V. Informasi dan Komunikasi. Terletak jauh di negeri Minangkabau. Saddam Husein Hasibuan, pemuda tangguh asal medan yang saat ini akan menyelesaikan studinya di Universitas Andalas, Padang. Awalnya, letaknya yang jauh di Sumatera membuat saya agak susah berhubungan jarak dekat dengan Saddam. Tetapi selama 2010-2012, intensitas ke Sumatera lebih sering daripada kedaerah lainnya. Bukan karena memilih-milih tetapi waktu yang pas ditawarkan oleh teman-teman. Bahkan mereka rela mengganti jadwal kegiatannya untuk dapat menghadirkan Ketua Umum dalam kegiatannya. Semangat yang luar biasa perlu dibarengi dengan apresiasi yang luar biasa. Intesitas ke Sumatera saya gunakan sebaik-baiknya untuk bertemu dengan Saddam dan kawan-kawan ISMAPETI di wilayah 1. Pertemuan-pertemuan yang sering kami lakukan menjadikan saya tahu bahwa Saddam adalah benar-benar pejuang, semangat menyala dan mampu beradaptasi dengan baik. Kemampuannya membuat dirinya Populer di Fakultas Peternakan UNAND. Syarat mutlak yang diperlukan seseorang sebagai public relation. Sikapnya yang hangat juga menjadikan orang-orang senang berbicara dengannya. Hal itu yang membuat Saddam pantas sebagai PB ISMAPETI bidang Informasi dan komunikasi. Saddam juga aktif dalam kegiatan untuk mencari informasi-informasi terbaru dan mendiskusikannya dengan saya.

Itu sedikit profil teman-teman hebat di Pengurus Besar ISMAPETI. Perjuangan dan semangat juang kalian menginspirasi saya untuk terus berkarya dan menjalin komunikasi sebaik-baiknya. Dari mereka saya belajar banyak tentang ketenangan mengambil keputusan, kemampuan mendengarkan orang lain dan berkomunikasi dengan baik. Mereka adalah inspirasi dan  membuat saya kuat dalam PB ISMAPETI. Teman-teman mampu membuat suasana PB tidak sekedar bekerja. Tetapi menyenangkan layaknya keluarga. Ya, kita adalah keluarga.

Tidak berlebihan saya katakan bahwa mereka layak menjadi pemimpin di daerahnya bahkan memipin Indonesia. Mereka telah belajar banyak di organisasi nasional sekaliber ISMAPETI. Jelas, itu tidak mudah. Kekuatan dan kemampuan berorganisasi praktis dibutuhkan dalam tiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan ISMAPETI. Tekanan-tekanan yang didapatkan menjadikan mereka semakin kuat. Pernah satu ketika, PB ISMAPETI dihadapkan permasalahan kegiatan dan kita memutuskan untuk mendiskusikan solusi permasalahan hingga pagi hari baru. Tidak hanya sekali, PB ISMAPETI dan teman-teman lainnya yang mendukung, rapat hingga pukul 5 pagi. Ya, tanpa tidur sedikitpun. Ini yang menjadikan mereka biasa mengemban kerja-kerja berat.

Sekali lagi, saya mengatakan mereka Hebat. Mereka adalah orang-orang hebat. Berhimpun dalam wadah bernama ISMAPETI, belajar dan bekerja untuk lebih baik. Terimakasih banyak atas pengabdian yang telah kalian lakukan dan karya yang telah kalian torehkan. Banyak cerita manis dan pengalaman berharga yang telah tercipta. Tidak hanya senyuman, kadang perasaan yang naik turun juga terjadi. Permintaan maaf juga senantiasa tercurah jika terdapat salah saat memimpin tim pengurus besar ini. Terimakasih banyak, The Great Team. @yogisidik. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s