Kontrol Kualitas Bahan Pakan (Quick Test)

Proses pembuatan pakan ternak didahului oleh kontrol kualitas bahan pakan. Kontrol kualitas bahan pakan menjadi bagian penting karena mempengaruhi kualitas pakan yang diproduksi. Pakan yang berkualitas mempengaruhi kinerja dan produksi ternak. Berikut beberapa perlakuan kontrol  kualitas  bahan pakan  (quick test) yang saya lakukan pada saat praktek kerja lapangan di salah satu perusahaan pakan di Indonesia.

Moisture test  
Pengujian kadar air dilakukan dengan menggunakan alat Seed Burrows Digital Moisture Computer. Sampel dimasukkan kedalam Seed Burrows secara acak sampai menunjukkan angka 100% pada alat tersebut. Alat akan memberikan tanda “very low” apabila sampel bahan baku jagung memiliki kadar air dibawah 7% sedangkan alat akan memberikan tanda “very high” apabila sampel bahan baku jagung memiliki kadar air diatas 40%. Seed Burrows mampu membaca kadar air bahan baku dalam waktu ± 2 menit.

Pemeriksaan kadar air bahan baku anorganik seperti limestone chips, limestone fine dan binder bentonit menggunakan alat Yeasten Moisture Meter atau KETT Lamp. Sampel bahan baku diambil beberapa gram sampai menunjukkan angka stabil pada KETT lamp. Lampu dinyalakan dan diturunkan menuju kearah termometer yang ada hingga menunjukkan angka 105oC kemudian lampu dinaikkan keatas dan hasil analisis kadar air ditunggu sampai 15 menit.

Uji Aflatoksin
Aflatoxin dilihat dengan menggunakan sinar UV pada kamar gelap. Sampel yang mengandung aflatoxin akan menunjukkan pendaran warna hijau pada sampel yang terkena sinar UV.


Screen test
Pemeriksaan screen test dilakukan untuk mengetahui biji rusak, biji mati, biji berjamur, biji pecah, dan benda asing. Sampel ditimbang     sebanyak 100 gram kemudian dilakukan pengayakan dengan screen 3.35 mm dan 2 mm disusun secara berurutan dari atas ke bawah sisanya adalah foreign material atau benda asing ditambah dengan benda asing selain biji jagung yang berada pada screen paling atas.Hasil screen test adalah total dari damage seed, broken seed, moldy seed dan foreign material yang   telah dihitung.Damage seed atau biji mati diperiksa dengan melihat germ jagung. Broken seed dilihat dengan jalan memisahkan biji rusak atau pecah. Moldy seed atau biji berjamur dilihat dengan    memisahkan biji yang tampak berjamur.

Mikroskopi
Kontrol kualitas juga dilakukan secara microscopy untuk mengetahui karakter fisik yang tampak dari luar dan struktur seluler dari bahan baku pakan. Mikroskop dapat menemukan adanya pemalsuan atau penambahan bahan lain yang memiliki kandungan yang tidak baik bahkan berbahaya bagi ternak.

Selain quick test masih terdapat beberapa lagi kontrol kualitas bahan pakan yang dilakukan. Kontrol kualitas bahan pakan yang dilakukan meliputi pengecekan pemalsuan bahan pakan dan bahan-bahan lain yang ikut ditambahkan dalam bahan pakan sebenarnya. Test lanjutan yang biasa dilakukan juga menggunakan NIR. NIRS merupakan instrumen yang bekerja mengabsorbsi gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang 780-2500 nm.

Proses pengoperasion NIRs diawali dengan menyalakan instrumen tersebut, sebelumnya ruangan harus bersuhu dingin yaitu ± 200C. Kemudian Isi Scan diklik untuk menghidupkan lampu instrumen. Instrumen didiamkan dahulu selama 1 jam untuk pemanasan. Dilakukan diagnosis awal dengan performan tes untuk menentukan kestabilan. Dilakukan check cell, untuk menentukan tingkat keakurasian. Jika rasio menunjukkan > 0.8 maka pilih keep dan jika < 0.8 pilih save new accept. Kemudian Isi Scan ditutup lalu dibuka Win Isi dan siap melakukan proses prediksi sampel. Win Isi merupakan software yang dipakai oleh NIRs untuk melakukan 2 tipe tujuan prediksi yaitu proksimat dan asam amino. Semoga bermanfaat. @yogisidik

Sumber:
Laporan PKL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s