Andalas, Rancak Bano!!

Jam Gadang
Jam Gadang

Ini adalah kali kedua saya datang ke Ranah Minang. Tidak ada perubahan pada tiap ruas-ruas jalan dari bandara menuju Universitas Andalas. Kebanyakan berupa tanah kosong dan sesekali terdapat rumah makan Padang. Laju sepeda motor berkecepatan standar mengantarkan saya kepada seorang sahabat. Masih sama, tetap baik dan bersahaja. Bedanya kali ini dia membawa kendaraan roda empat untuk menemui saya. Pekerjaannya yang sekarang mengharuskan dia untuk menyetir mobil keliling Padang, Jambi dan beberapa daerah di Sumatera Barat.

Pembukaan yang menakjubkan. Bedanya dulu dengan sekarang saya ke Padang adalah menu pembuka, lontong pical. Tidak terlalu pedas. Hampir mirip seperti ketoprak. Hanya saja disajikan dengan mie kuning dan bumbu pecel. Padang memang jagonya dalam urusan memasak. Petualangan saya di Sumatera Barat menemukan banyak makanan baru yang sederhana, khas, dan tidak bikin saya sakit perut. Iya, aneh memang. Saya termasuk orang yang tidak bisa makan pedas. Tetapi masakan Sumatera Barat tidak membuat saya sakit perut. Padahal jelas, disetiap masakannya selalu memasukkan cabe sebagai bahan utama.

Akan saya jelaskan nanti soal masakan padang. Mungkin pada tulisan khusus mengenai kuliner Sumatera Barat. Itu artinya mengharuskan saya untuk kembali ke Sumatera Barat khusus untuk liputan kuliner, hehehe. Bedanya kali ini saya berkunjung ke Padang tidak hanya sekedar mampir. Pertama, ada sebuah acara menarik yang diadakan oleh Universitas Andalas. Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) wilayah I punya hajat untuk menggantikan koordinator Wilayah I, Stefhi Margy.  Kemudian, janji saya kepada beberapa teman-teman untuk hadir dalam kegiatan ini.  Terpatri dalam hati saya, ini bukan kunjungan tugas seperti biasanya. Saya tidak lagi sebagai Ketua ISMAPETI. Jadilah berbeda dan berbagilah lebih dari apa yang biasa kamu bagi.

Training Kelembagaan
Training Kelembagaan

Pertama, kedatangan saya ke Padang adalah karena adanya Muswil ISMAPETI wilayah I di Universitas Andalas Padang. Saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya untuk Stefhi. Telah selesai melaksanakan tugas-tugasnya. Terima kasih telah membantu saya dalam menjalankan tugas dan mengobarkan semangat kami. Saya bilang, Stefhi adalah perempuan yang kuat dan tegar. Sewaktu acara di Jambi, cercaan banyak menghampiri tetapi dia tetap tersenyum dan memeluk sahabat-sahabatnya. Seharusnya dia yang dipeluk oleh sahabat-sahabatnya. Begitu pula dalam muswil ini. Terkadang kemauannya menjadi bahan diskusi tersendiri oleh panitia. Panitia perlu putar otak banyak-banyak. Ya, Stefhi bisa membuat panitia putar otak banyak-banyak. Terbukti beberapa kegiatan yang dihandle Stefhi berjalan dengan baik.

Selamat Buat Kalian Berdua. LPJ Kalian sangat saya terima. haha
Selamat Buat Kalian Berdua. Engkil (Ketua Panitia Muswil) & Stefhi (Koorwil 1 ISMAPETI 2010-2012)

Masalah menjadikan Stefhi lebih dewasa. Jam terbang yang tinggi membuat dia tahu bagaimana menempatkan diri. Hingga pada saat MUSWIL I ini dilaksanakan, banyak perubahan baik pada Stefhi. Ya, ISMAPETI telah banyak menjadikan manusia-manusia lebih dewasa dan mengerti kepentingan orang banyak. Saya banyak terbantu disetiap kehadiran Stefhi. Setiap acara beliau selalu ada untuk mendampingi dan membantu pengurus besar. Sehingga tidak jarang orang-orang memandang ada perasaan pilih kasih dari Ketua Umum. Selalu bermain hanya dengan Korwil I. Sekarang kalian tahu, mengapa saya selalu bersama dengan Korwil I. Beliau membantu kami tanpa harus dipaksa. Tanpa harus tertulis dalam AD/ART. Tanpa perlu persetujuan anggota. Semua dari dalam. Dari hati. Ini yang membuat saya berat untuk tidak hadir dalam acara terakhir yang Stefhi adakan. Mungkin bagi Stefhi, Muswil ini adalah acara istimewa kedua setelah Wisudanya,hehehe.

Sampailah saya ketengah-tengah panitia MUSWIL I di Fakultas Peternakan Univertas Andalas. Tidak ada yang berbeda dari Fakultas Peternakan Andalas. Bedanya hanya terdapat beberapa tempelan MUSWIL di tiap-tiap tiang koridor menuju ruangan. Kampus Andalas tetap membuat saya berdecak kagum. Mewah ditengah bukit yang besar. Andalas, salah satu Universitas favorit saya di bagian Sumatera. Pemandangan yang luar biasa ini saya yakin punya segudang mahasiswa berpotensi. Setibanya di Faterna Unand –singkatan dari Fakultas Peternakan Unand, kalau di UGM, Fapet, saya duduk bersama panitia MUSWIL. Sebelumnya Stefhi sempat mengatakan bahwa panitianya perlu banyak mendapatkan polesan. Saat pertama kali saya duduk, saya sudah merasakan ada sesuatu yang berbeda. Keyakinan saya adalah awalnya akan tampak malu-malu. Saya hanya perlu menjadi seperti mereka. Tidak ada yang berbeda. Saya berpikir mereka telah mengetahui saya lebih dahulu –Ke-GR an,hehehe, dan pandangan yang mereka buat tentang saya tentu beraneka ragam.

Bersama Peserta dan Panitia Muswil di Padang Mangatas
Bersama Peserta dan Panitia Muswil di Padang Mangatas

Hampir diakhir pertemuan, pertanyaan begitu mengalir. Sepertinya saya sudah tahu harus bagaimana menghadapi teman-teman panitia. Mereka menginginkan sesuatu yang nyata dan bisa dicontoh. Butuh teladan untuk melaksanakan sesuatu yang baru. Kembali ke Batu Busuk –daerah tempat saya menginap, saya ubah agenda saya untuk tidak hanya sekedar menjadi pembicara tetapi menjadi panitia. Terserah apa yang mereka katakan. Saya akan berikan sesuatu yang baru kepada mereka. Janji saya dalah memberikan sesuatu yang terbaik kepada mereka. Beda dari biasanya. Tidak pernah dilaksanakan dimanapun. Saya rasa mereka akan disibukkan oleh hal-hal baru. Saya tahu mereka suka. Terlihat saat Gubernur Mahasiswa dan Ketua Panitia mulai berbicara, mereka membutuhkan sentuhan. Oke, linting lengan baju dan mulailah bekerja.

Yaa...Muswil Selesai
Yaa…Muswil Selesai

Saya bertemu dengan orang-orang baru dalam bekerja. Permasalahan utama adalah keuangan. Herawati, bendahara MUSWIL yang saya kejar habis-habisan untuk berhitung dan terus menghitung. Kali ini saya bertindak sebagai bendahara 2. Memastikan bendahara 1 untuk tidak tidur dan loyo selama kegiatan. Menulis dan berhitung merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan. Sesekali kami hanya duduk untuk bercanda dan membicarakan hal-hal pribadi. Bagusnya adalah Hera –panggilan akrab Herawati, tahu bagaiamana cara belajar dengan cepat. Belajar bersama orang yang baru dia kenal. Saya belajar banyak tentang bagaimana menajemen keuangan dan membuatnya untuk tidak minus walau harus ada peserta yang ditanggulangi pembayarannya. Kesempatan langka bagi saya untuk terjun langsung dalam mengurus masalah keuangan. Hasilnya mereka mampu untuk menciptakan kondisi keuangan yang kondusif.  Berbeda dari kegiatan sebelum-sebelumnya. Di kegiatan ini saya belajar bahwa meminta uang pendaftaran kepada peserta perlu dilakukan secara cantik dan cerdas.

Saya juga belajar untuk menjadi seorang sekretaris. Sekretaris seharusnya tidak disibukkan oleh hal-hal lain selain masalah kesekretariatan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kertas. Muslimah, bekerja sangat keras. Menjadi bagian dalam acara bersama dengan Dani Berutu –koordinator acara, membuatnya harus berpikir banyak. Saya lihat mereka sudah cocok untuk bekerja sebagai acara sehingga kesekretariatan sementara tidak dihandle dahulu. Tetapi saya yakin setelah kegiatan ini selesai. Menjadi tugas sekretaris untuk merapikan laporan. Sehingga saya sedikit demi sedikit memberikan konsep LPJ yang rinci dan mudah untuk diadopsi oleh teman-teman di Unand. Pelajaran ini saya dapatkan saat menjadi sekretaris di kegiatan Dies Natalis Fakultas. Ya, saya paling banyak berinteraksi dengan teman-teman acara, bendahara dan sekteraris. Sesekali saya berbincang bersama Syafri Engkil, Ketua Panitia atau Syafri Nanda, Gubernur BEM untuk meminta persetujuan mengenai keputusan yang diambil.

Banyak pengalaman baru bersama panitia MUSWIL I. Engkil, Herawati, Muslimah, Dani Berutu, Wiki, Weny, Mustika, Febri, Tiwi, Hendra, Dika, Novi, Sepri, Dedy dan masih banyak lagi lainnya telah bekerja bersama-sama. Saya tahu kalian sangat lelah dan bahkan marah dengan berbagai masukan baru. Walau kadang-kadang tampak kalian menghindar saat saya mulai mendekat. Harus mengumpulkan gelas air minum untuk dijual, menulis semua yang dilakukan, tersenyum dalam kondisi sibuk, mengganti konsep acara penutupan dan banyak lagi lainnya. Semua bukanlah untuk mendapatkan kesempuranaan. Tetapi itulah proses belajar yang teman-teman perlu lakukan. Beradaptasi cepat dengan hal baru dan tahu bagaimana harus mengatasi masalah dalam sekejap. Pun kalau pelbagi kegiatan itu hasilnya buruk berarti tidak ada kata buruk kedua untuk kembali dilakukan. Hanya ada kata baik dan berhasil setelah predikat buruk kalian dapatkan.

Duduk ki-ka (Nanda, Yogi). Berdiri ki-ka (Hera, Muslimah, Dani).
Duduk ki-ka (Nanda, Yogi). Berdiri ki-ka (Hera, Muslimah, Dani).

Menurut saya, ini adalah MUSWIL I terbaik yang pernah dilaksanakan oleh pengurus ISMAPETI wilayah I. Rapi dan maksimal. Hampir seluruh anggota ISMAPETI wilayah I hadir dan berpartisipasi aktif. Ketua panitia bersama anggotanya membuatnya menjadi bagus. Tidak terlihat terlalu sibuk. Saya salut dan memberikan standing ovation kepada teman-teman panitia. Ditengah ujian tengah semester, mereka sanggup untuk bertahan membuat kegiatan yang sangat bagus. Kegiatan ini hampir mirip dengan kegiatan Nasional tetapi dengan budget yang tidak terlalu besar. Dalam hati saya merinding luar biasa saat kegiatan mulai ditutup. Sehingga saya memilih satu moment untuk tidak tidur dan merasakan tiap detik yang dilaksanakan panitia. Saya berpesan kepada panitia, prioritaskan hal-hal baik untuk diisi dalam lembar-lembar kehidupan kalian. Salam untuk bapak Dekan dan Dosen-Dosen Faterna Unand, panitia belajar keras loh pak disela-sela kegiatan MUSWIL, hehehe. Jadi kegiatan ini bukan kegiatan main-main.

Selamat Ulang Tahun Nanda
Selamat Ulang Tahun Nanda

Khusus untuk Gubernur BEM yang selalu sigap disaat teman-teman panitia membutuhkan. Selalu mencoba mendengar keluhan teman-teman panitia dan peserta MUSWIL I. Syafri Nanda, baru saja dilantik sebagai Gubernur BEM dan harus menangani pekerjaan yang luar biasa. Menyambut tamu-tamu dari luar universitas. Kemampuannya beradaptasi sangat cepat. Saya tahu, Nanda adalah seseorang pembelajar yang baik. Tidak gentar mencoba hal-hal baru dan belajar dari orang-orang terdahulu. Di Hari ini, Jumat, 15 Maret 2013, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Nanda. Tulisan ini sekaligus menjadi kado kecil di hari lahir Nanda. Umur baru Amanah Baru. Bertambah lagi kesibukan Nanda, semoga proses pembelajarannya semakin mantap. Selamat telah menyelenggarakan kegiatan dengan sukses dan menjadikan kampus kamu semakin bersinar. Jadikan bermakna dalam proses pembelajaran yang Nanda lakukan. Setelah selesai dengan pekerjaan MUSWIL I artinya banyak pekerjaan istimewa BEM yang harus dilakukan. Harus lebih baik dari MUSWIL I. Lebih besar dan lebih kompak.

Sudah sangat banyak pembalajaran yang saya dapatkan selama di Padang. Inilah perbedaannya saat pertama kali saya datang dan dengan kedatangan sekarang. Terimakasih saya ucapkan untuk Taufiq, Niko, Saddam, Hendra, Ijah, Ujie, Wiki, Dika, Putra, Weny, Rizka, Nurul, Adnan, Reina yang telah menemani jalan-jalan ke sudut-sudut Sumatera Barat, menjemput di Bandara hingga menemani pulang. Berpisah adalah sesautu yang sulit. Sehingga membuat saya untuk 3 kali keluar masuk bertemu kalian. Dalam kesibukkan masih kalian sempatkan untuk bertemu dan saling bertukar pikiran. Terimakasih buat Nanda, Engkil, dan Ujie yang bersedia saya ajak untuk jadi pembicara seminar. Terimakasih Sabil, Adzan, Ando atas tumpangannya. Pemandangan disekitar rumah kalian sangat menarik. Membuat saya untuk terbang kembali ke Padang. Selamat untuk Nurul dari Universitas Sumatera Utara telah dilantik menjadi Korwil I. Saya bahkan tidak membayangkan bahwa Nurul akan menjadi Korwil. Wilayah Belajar baru untuk Nurul. Seluruh panitia MUSWIL I –yang beberapa sudah saya sebutkan diatas, terimakasih telah banyak memberikan saya insipirasi. Semoga nilai ujian kalian bagus-bagus, hehehe. Kalau Ariel atau Parto bilang, Kalian Luar Biasa. Saya bilang, kamu Rancak Banoo. Andalas, Rancak Banoo!! @Yogi Sidik.

17 thoughts on “Andalas, Rancak Bano!!”

      1. iyaaa mksh y yogiii…slmat g sdah bsa membawa nama ismapeti ke internasional…

        insyaallah yogii,,qmu jg yaaa

      2. Jadi kangen aq…bner2 beda suasanax,,pgen kmpul2 lg…
        Luar biasa smua..

        Bkalan lama nie g kmnkasi ma yogi…sukses buat qmu gi,,..
        Lg2 g kuat bca nie blog..
        Sukses slalu buat qmu gi..

        Oyaaa tmenq ad yg jd pggmar qmu nie krna bca blog qmu..ktax buat buku ajaa yaaa dr tlisan2 blog nie..
        Dy mau jd org yg pertama beli bukux..
        Dpt slam dr shbtq bella ktax sukses n dtggu buku dr hsil blog yogi..🙂

  1. bg yogi: Trimakasih bnyak bg atas smw bimbingan yg abg berikan, setiap waktu dan kata2 yg abg berikan merupakan motivasi yg luar biasa buat kami bg, Tulisannya keren n luar biasa bg,, mus terharu bcanya,,bnyak hal yg mus pelajari jg dr abg mulai dr pertemuan pertama sewaktu rpat kepanitiaan, acara muswil, bahkan stelah abg mninggalkan kota padang pun bnyak pelajaran yang mus dpat bg,, smoga kt dpt bertemu lg bg,,km kngen sma abg (abi),, hehe..Sehat n sukses slalu yh bg.. LPJ nya jg sdh hampir slesai bg,,hehe..Thanks bnget bg,,,

      1. subhanallah…waiyakum mas, suka duka muswil 1…perdana ismapeti gak tidur diruangan, tidurnya dihalaman luas wkwkkw…..penuh kenangan. pengorbanan kalian huuuuu sesuatu dehhh demi USU, #perasaan

      2. Sama2 abg..
        Sungguh merupakan pengalaman dan pelajaran yg berharga sekali berkesempatan kenal dan dekat dgn abg..
        Terus berkarya bg,,
        thanks udah dngerin ocehan hera..

    1. Niko, adek abang…
      Bagaimana kerjanya? Semoga lancar jaya, tantangan-tantangan yang ada jadikan sebagai penguat langkah selanjutnya,,Terus berkarya sampai ke pucuk..
      Syukronn niko🙂

  2. BG yogi….trimakasih atas bimbinga nya….abang dan sc2 yang lain adalah pembeda di even ini,,kita bangga sama abg,mudahan yang abg berikan dibalasNYA dengan kebaikan berlipat ganda….
    sampai jumpa di puncak kesuksesan bg…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s